4 Tips Mendesain Ruang Bermain Anak yang Nyaman dan Seru

Penting Anda ketahui, salah satu kegiatan yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah bermain. Sebagai orang tua, sudah kewajiban Anda menyediakan fasilitas terbaik bagi anak-anak agar bisa bermain dengan nyaman. Mengubah desain ruang bermain anak dapat memberi banyak sekali manfaat positif lho.

 

 

Keberadaan ruang bermain tidak akan membuat rumah berantakan, karena maianan yang berserakan disana dan disini. Dalam menentukan desain ruang bermain anak, sebaiknya bisa merangsang imajinasi dan aktivitas anak.

Lantas, seperti apa ide mendesain ruang bermain anak yang benar? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Tips Mendesain Ruang Bermain Anak Agar Lebih Seru

                    

  1. Pilih Hal yang Disukai Anak

Dalam memilih dekorasi dan desain ruangan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa kesukaan anak. Bisa saja cerita princess, mobil-mobilan, atau bahkan binatang, terutaman dalam hal kelengkapan barang furniture seperti kamar set anak. Ajaklah anak-anak berdiskusi tentang tema ruangan yang diinginkan.

Semisal anak-anak menyukai binatang, Anda bisa memasang wallpaper dengan gambar berbagai macam binatang. Tanyakan juga warna cat yang diinginkan oleh anak. Mengaplikasikan teknik gradasi warna tentu bukan ide yang buruk untuk menghias ruang bermain.

  1. Menyediakan Tempat Penyimpanan yang Cukup

Ruang bermain adalah ruangan khusus bagi anak-anak untuk menyimpan seluruh benda pribadinya. Seperti komik ataupun seluruh mainanya. Oleh sebab itu, sangat penting menyediakan tempat penyimpanan yang maksimal.

Sehingga, seluruh barang anak bisa disimpan dengan rapi dan tidak khawatir berantakan di seluruh ruangan. Hindari penggunaan lemari terlalu tinggi, karena berisiko membuat si buah hati memanjat untuk mengambil buku atau mainanya.

  1. Memilih Furniture Child-friendly

Furniture yang aman bagi anak terbuat dari polypropylene plastic atau kayu. Keduanya dikenal sangat mudah dibersihkan ketika terkena noda dan lebih aman. Sejumlah furnitur esensial yang dapat ditambahkan pada ruang bermain antara lain kursi dan meja, sekaligus karpet empuk.

 

  1. Menjaga Kebersihan Lantai

Lantai adalah bagian dimana anak-anak paling banyak menghabiskan waktu bermainnya. Sehingga, penting melengkapi ruang bermain dengan karpet ataupun menggunakan lantai yang permukaannya tidak terlalu keras.

Sejauh ini, karpet masih menjadi pilihan paling aman dan nyaman.

Demikianlah sedikit ulasan tentang empat tips mendesain ruang bermain anak, semoga bisa bermanfaat untuk bunda.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *