• Widiya Ayu: “Dulu waktu hamil, aku tidak suka makan bakso. Padahal diwaktu belum hamil, bisa dibilang merupakan penggemar makanan yang satu ini. tidak tahu kenapa, disaat sedang hamil sekarang justru tidak suka makan bakso. Jangankan mencicipinya, mencium baunya saja sudah mual-mual. Tapi, begitu melahirkan, langsung doyan lagi dan jadi maniak bakso sampai sekarang.”
  • Septin Helis: “Diwaktu aku hamil, suka sekali dengan sayuran yang namanya brokoli, tiba-tiba tidak suka dengan sayuran satu itu. Dan anehnya tidak bosan setiap pulang kerja ingin makan soto semarang, soto kudus.”

Pendapat Pakar: “Untuk Bumil, kadar asam lambung pada umumnya naik tinggi. Ini bisa berdampak juga pada indra perasa di lidah. Karena adanya asam lambung yang naik sampai ke lidah lantaran terdorong ke atas, sehingga berkibat pada perubahan cita rasa terhadap makanan. Disamping, ada pula perubahan persepsi pada indra penciuman yang dapat juga berdampak pada perubahan cita rasa terhadap makanan.”

Simak juga informasi lenkap mengenai TOEFL IBT Preparation Jakarta.

  1. Anti-Baubau Tertentu
  • Suci Wilson Tamanovska: “Dulu waktu hamil males banget ke dapur, soalnya enggak kuat cium aroma bawang dan langsung mualmual. Itu berlangsung hampir 9 bulan. Jadinya, kalau mau makan dimasakin atau beli di luar. Baru hilang kebiasaan itu selesai melahirkan, he he he.”
  • Dhiena Nya Ijomudashop: “Aku pas hamil males banget dandan dan enggak pernah pakai bedak sama sekali. Cium bau parfum sendiri saja langsung muntah. Aku juga enggak suka shopping dan senangnya di rumah saja. Enggak bisa masak juga karena bau minyak goreng dan bau sabun. Kalau cuci piring langsung mual. Alhamdulilah, anakku cowok.”
  • Sri Devi Ramadhani: “Aku paling mual kalau masuk kamar mandi mencium bau samponya suami, sampaisampai aku suruh ganti merek samponya. He he he!”
  • Ria Puspasari: “Sewaktu hamil trimester pertama mengalami mual muntah setiap pagi. Tidak tahan bau bawang putih. Setelah lewat trimester satu jadi malas dandan, jerawat banyak keluar. Banyak yang bilang, nanti anaknya cowok dan memang akhirnya anaknya cowok. Keluhan lain adalah tangan kesemutan terus dan hilangnya setelah beberapa bulan melahirkan.”
  • Rieke Nawang Wulan: “Waktu hamil umur 4 bulan, aku muntah-muntah sampai opname karena dehidrasi dan kurang asupan makanan. Punggung gatal-gatal, rambut rontok, kulit leher dan perut menghitam, pinggang pegal, mencium aroma suami enggak suka. Jadi, suami kusuruh tidur di sofa, he he he. Alhamdulillah, umur 6 bulan sembuh langsung porsi makan sehari bisa 6 kali, terus jadi sayang banget sama suami. Eh, ternyata anakku cowok.”

Pendapat Pakar : “sama dengan yang sudah dijelaskan, pengaruh komposisi hormon yang berubah pada bumil memberikan dampak juga terhadap perubahan indra penciuman yang tidak sama antar bumil. Dan terjadi juga perubahan kecil pada morfologi indra penciuman ataupun mukosa hidung.”

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *