Untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan harapan, tentunya Mama Papa tidak menginginkan si buah hati asal masuk sekolahan. Apalagi, Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) pada dasarnya merupakan tahap persiapan bagi anak untuk dapat mengikuti kegiatan bersekolah yang sebenarnya di sekolah dasar. Untuk itu, ada beberapa hal yang Mama Papa perlu pertimbangkan dalam memilih pendidikan prasekolah ini.

  1. Memiliki visi dan misi yang sama antara pendidik dan orangtua. Pastikan bahwa KB/TK yang dipilih memiliki kesesuaian visi misi dengan orangtua dalam mendidik anak. Visi misi ini bisa dilihat dari kurikulum sekolah dan program-program yang dijalankan. Hal ini sangat penting agar proses pendidikan di rumah dan di sekolah sejalan dan saling mendukung. Ingat, jangan langsung percaya pada brosur atau iklan tentang sebuah sekolah. Sebaiknya Mama Papa meluangkan waktu untuk datang dan menggali informasi secara langsung dari pihak sekolah. Selain itu, carilah informasi tentang sekolah dengan bertanya pada pihak sekolah tentang: tujuan pendidikan di sekolah; cara sekolah mencapai tujuannya tersebut; yang diharapkan dari para siswanya selama bersekolah; kriteria lulusannya; cara siswa belajar; dan lain-lain. Bagaimanapun, sekolah adalah partner orangtua dalam mendidik anak sehingga orangtua perlu memerhatikan: apakah sekolah bersikap terbuka pada orangtua; apakah orangtua mendapatkan informasi yang cukup tentang perkembangan anak sehari-hari; bagaimana sekolah mengatur cara berkomunikasi antara sekolah dengan orang tua; apa yang dilakukan sekolah jika ada masalah dengan anak; dan lain-lain. Beberapa sekolah memberikan laporan perkembangan anak secara berkala, misalnya, melalui buku komunikasi harian, laporan per tiga bulan atau per semester yang harus ditandatangani oleh orangtua. Ada pula yang mengadakan acara pertemuan orangtua setiap bulan dengan materi tentang parenting/ workshop orangtua. Bahkan, ada juga yang melibatkan orangtua dalam proses pembelajaran seharihari sebagai guru tamu.
  2. Pertimbangkan karakter anak dan kebutuhannya. Setiap anak unik, jadi pertimbangkan karakter dan kebutuhan si anak. Sekolah yang bagus untuk beberapa anak belum tentu tepat untuk anak kita. Anak yang lincah dan aktif membutuhkan ruang gerak yang luas sehingga orangtua perlu mempertimbangkan bentuk bangunan sekolah atau ada tidaknya lapangan bermain yang cukup untuk ruang gerak sang buah hati selama bersekolah. Sementara anak yang pendiam dan cenderung pemalu membutuhkan suasana sekolah yang hangat dan suportif untuk memberikan perasaan aman dan nyaman pada anak selama berada di sekolah.
  3. Porsi bermainnya lebih banyak. Sesuai dengan namanya, pendidikan prasekolah, maka harus memiliki porsi bermain lebih banyak daripada belajar “serius” dengan pensil dan aneka lembar kerja/buku pelajaran. KB/TK yang baik dapat mengemas materi pembelajaran (yang merupakan stimulasi perkembangan pada lima aspek utama, yaitu motorik kasar dan halus, kognitif/daya pikir, bahasa, sosial emosi, serta kemandirian) dengan metode bermain yang menyenangkan dan interaktif. Kegiatan pembelajaran seharihari pun bervariasi sehingga minat dan bakat anak dapat dikembangkan. Prasekolah yang terlalu mengedepankan kegiatan akademik (membaca, menulis, dan berhitung) sebaiknya ditinjau ulang tentang visi misinya dalam mendidik anak usia dini. Selain itu, KB/TK yang baik akan menanamkan nilai-nilai moral, budi pekerti, dan etika sejak dini.
  4. Perhatikan kualitas guru. Penting untuk mempelajari kualitas guru/tenaga pendidiknya. Bagaimana pro­ l gurunya? Apakah guru kompeten di bidangnya? Bagaimana prosedur guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar setiap harinya? Bagaimana cara guru berinteraksi dengan siswanya, apakah satu arah ataukah dialogis? Apakah terlalu keras, terlalu bebas ataukah disiplin yang disertai dengan kasih sayang?

Untuk informasi lebih lengkap mengenai tempat persiapan IELTS yang terbaik dapat menyimaknya melalui link berikut ini “ kursus IELTS Jakarta terbaik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *